Kadiskominfo Kuningan Ngopdar Di Kertayasa

Avatar Superadmin.Aptika

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si. Ngobrol Perkara Daerah (NGOPDAR) di Balai Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung, Selasa (29/3/2022). Kegiatan Workshop Smart Village ini diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wilayah Cirebon menghadirkan Kadiskominfo Kuningan sebagai Narasumber untuk akselerasi pembangunan di Desa.

Selaras dengan visi Kuningan MAJU Berbasis Desa Tahun 2023, meliputi tata kelola, agama, kebangsaan, pendidikan kesehatan, pembangunan desa dan infrastruktur. Dalam paparannya Wahyu menjelaskan, pengembangan sistem informasi desa untuk mewujudkan Smart Village perlu didukung oleh berbagai elemen, karena Smart Village/Desa Cerdas ini diadopsi dari konsep Smart City. Sebab, menurutnya pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi hingga ke pelosok desa menjadi prioritas pemerintah.

Modal dasar untuk mewujudkan Smart City diantaranya ICT Leadership, infrastruktur jaringan, data center, data recovery center, command center dan wifi publik. “Kita juga harus memiliki strategi kemudian program dalam mewujudkan Smart City maupun Smart Village ini, seperti Smart Governance, Smart Economy, Smart Living, Smart Environment dan Smart Branding. Dan Diskominfo sendiri tentunya akan melakukan peningkatan perannya dalam TAPD. Dan tentunya kita semua harus memiliki kemampuan di bidang teknologi, menguasai teknologi," ujarnya.

Di era society 5.0, lanjut Wahyu dihadapkan pada kompetisi digital yang diharus kan untuk memiliki informasi dan literasi data, komunikasi dan kolaborasi, kemampuan menciptakan konten digital, keamanan informasi serta kemampuan memecahkan dan mengatasi persoalan secara teknis. "Upaya penguatan kompetensi digital selaras pengembangan kemampuan komunikasi, kolaborasi, kapasitas berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah dan rangsangan bagi upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang diperlukan dalam 21st Century Skills,” tandasnya.
(https://www.kuningankab.go.id/berita/kadiskominfo-kuningan-ngopdar-di-kertayasa)